Others

4 Masalah yang Dihadapi dalam Pembangunan Pedesaan

4 Masalah yang Dihadapi dalam Pembangunan Pedesaan

Pembangunan pedesaan pada dasarnya memiliki tujuan untuk meningkatkan kelangsungan hidup masyarakat secara menyeluruh supaya nantinya akan lebih baik dari keadaan sebelumnya. Namun tahukah Anda bahwa ada 4 masalah yang dihadapi dalam pembangunan desa ini? Berikut penjabarannya.

Masalah yang Dihadapi dalam Pembangunan Desa

Permasalah yang sering dihadapi dalam pembangunan desa biasanya berada pada masalah struktural juga sosial budayanya. Sementara masalah yang sering dihadapi dalam upaya pembangunan di desa yaitu:

1.      Rendahnya Tingkat Pendidikan

Sarana pendidikan masyarakat di desa bisa dikatakan masih begitu rendah. Masyarakat di desa pada umumnya hanya berpendidikan SD, SMP dan SMA. Hal ini terjadi karena masyarakat belum mengetahui jika pendidikan itu begitu penting.

Jika sudah menyelesaikan pendidikan sampai SMA atau mungkin hanya sampai SD saja, maka orang tua akan menikahkan anaknya sehingga masa depan pendidikan generasi penerus bangsa akan terhenti. Dan inilah yang menyebabkan mereka akhirnya selalu berada pada lingkar kemiskinan karena minimnya pendidikan.

2.      Sarana dan Prasarana di Pedesaan yang Masih Minim

Tentunya yang menjadi salah satu penyebab daerah pedesaan masih tertinggal yaitu masih minimnya prasarana juga sarana transportasi untuk membuka akses daerah pedesaan dengan daerah lainnya. Kondisi yang minim tentulah diakibatkan karena keterbelakangan ekonomi daerah pedesaan.

3.      Lapangan Pekerjaan di Pedesaan yang Masih Terbatas

Indonesia sebagai negara agraris bahkan sampai saat ini jia diperhatikan dari besarnya jumlah penduduk masih menggantungkan harapan hidupnya pada sektor pertanian. Ketergantungan terhadap sektor pertanian sebagai mata pencaharian penduduk bisa Anda lihat nyata di daerah pedesaan.

Bahkan sampai saat ini lapangan kerja yang tersedia di daerah pedesaan bisa dibilang masih seputar sektor usaha bidang pertanian. Aktivitas usaha ekonomi produktif di daerah pedesaan juga masih sangat terbatas jenis dan jumlahnya.

Aktivitas usaha dan mata pencaharian utama masyarakat di daerah pedesaan yang adalah usaha pemanfaatan sumber daya alam inilah yang sampai saat ini menjadi masalah dalam pembangunan desa.

4.      Masalah ekonomi

Jika diperhatikan, daerah perkotaan perekonomian begitu amat fenomenal dan luar biasa. Akan tetapi, semuanya jauh berbeda dengan apa yang terjadi di daerah pedesaan. Bisa dilihat jika putaran perekonomian berjalan lambat sampai saat ini.

Roda perekonomian di daerah pedesaan malah lebih ke aktivitas produksi. Aktivitas produksi yang relatif sedikit jenisnya sekaligus lebih cenderung monoton pada sektor pertanian seperti perkebunan, perikanan, pertanian tanaman pangan peternakan, kehutanan dan sebagainya.

Apabila ada aktivitas di luar sektor pertanian maka bisa Anda lihat jika jumlah dan ragamnya masih begitu terbatas.

Inilah yang menjadi masalah dalam pembangunan pedesaan yang sampai saat ini kerap menjadi penghambuat semuanya terlaksana. Hingga pada akhirnya masyarakat desa akan terus bergelut dalam pusaran kemiskinan dengan tingkat kesejahteraan yang tidak ada peningkatan.