Others

5 Jenis Permainan Tradisional Yang Sangat Kreatif dan Seru!

5 Jenis Permainan Tradisional Yang Sangat Kreatif dan Seru!

Di era modern ini banyak anak-anak Indonesia yang sudah mulai meninggalkan permainan tradisional. Hal itu dikarenakan mereka lebih memilih gadget atau smartphone yang memiliki permainan modern seperti Mobile Legends, Free Fire, dan masih banyak lagi.

Padahal kalau kita tahu, jika terlalu sering bermain menggunakan gadget bisa menimbulkan banyak efek negative atau masalah lain yang menggangu kesehatan fisik contohnya saja mata jadi minus.

Oleh karena itu membatasi anak dalam penggunaan gadget juga sangat dianjurkan agar fisik tidak terganggu dan tidak menggangu masalah kesehatan yang lainnya.

Untuk itulah kami sudah merangkum beragam jenis jenis permainan tradisional yang bisa membantu anak untuk meninggalkan kebiasaan bermain gadget.

Apa saja permainan tradisional yang seru dan cocok dimainkan pada era modern ini? Yuk simak ulasannya sebagai berikut.

Permainan Tradisional Yang Kreatif dan Seru!

Berikut ini adalah permainan tradisional yang sangat kreatif dan seru banget walaupun era modern sudah memasuki setiap kalangan masyarakat yang ada di Indonesia. Penasaran? Berikut contohnya.

  1. Gundu

Permainan gundu atau yang lebih sering disebut juga sebabagi kelereng merupakan permainan tradisional yang sangat seru untuk dimainkan.

Pemain hanya perlu menyentil beberapa kelereng yang dia punya dengan mengenai target dari lawan. Jika berhasil mengenai target, maka kelereng lawan akan menjadi miliknya sendiri.

  1. Patok Lele

Patok lele ini dimainkan oleh dua kelompok dan masing-masing dari kelompok tersebut berjumlahkan angota minimal juga dua orang.

Untuk bermain patok lele, siapkan bambu yang berukuran kecil kemudian siapkan lagi bamboo yang berkutan sedikit lebih besar kurang lebih sekitar 30 cm.

Jika alatnya tadi sudah disiapkan, maka letakkan bambu besar di antara dua batu kemudian pukul bambu yang besar menggunakan bamboo kecil. Nantinya pemain akan dapat hukuman jika tidak bisa memukul dengan baik.

  1. Congklak

Congklak ini hampir dikenali di seluruh wilayah Indonesia, apalagi alat yang dibutuhkan juga sedikit dalam permainan ini. Adapun alatnya yaitu papan congklak yang memiliki 16 lubang dan total bijinya kurang lebih 98.

Untuk mulai bermain, pemain akan mengambil semua biji congklak yang ada di satu lubang lalu mengisi seluruh lubang yang ada. Apabila biji habis maka permain lain akan mulai bermain juga.

Pemenang ditentukan jika biji yang diperoleh lebih banyak dari pemain lainnya.

  1. Engklek

Untuk saat ini engklek masih sering dimainkan, biasanya permainan tradisional ini dilakukan oleh anak laki-laki maupun perempuan dengan jumlah minimal dua orang.

Cara memainkannya cukup mudah, dengan menggambar kotak-kotak dari tanah, untuk memulainya pemain harus melompati kotak-kotak tersebut hingga pemain terjatuh dan digantikan yang lainya.

  1. Dam-daman

Permainan tradisional yang satu ini sangat mirip dengan catur, namun aturan mainnya lebih sederhana. Pada permainan ini, setiap pion hanya bisa melangkah mengikuti satu garis kedepan, kesamping, dan juga diagonal.

Pemenang dari permainan ini ditentukan oleh banyaknya pion yang dikumpulkan, semakin banyak pion maka dia yang akan menang.

Permainan mana yang paling kalian sukai? Tetaplah lestarikan permainan tradisional yang unik ini. Permainan tradisional merupakan salah satu budaya yang sangat vital kedudukannya. Apabila permainan tradisional ini punah, berarti salah satu dari ragam  budaya Indonesia telah hilang. Jangan sampai hal itu terjadi. Tetap lestarikan permainan tradisional yang sangat seru ini agar generasi penerus bisa merasakan betapa asyiknya permainan ini.