Parenting

Cara Stimulasi Tumbuh Kembang Anak Usia 1-3 Tahun

Cara Stimulasi Tumbuh Kembang Anak Usia 1-3 Tahun

Dengan melihat si kecil bisa tumbuh besar dengan badan sehat disertai dengan perkembangan normal adalah harapan semua orang tua. Itulah mengapa, orang tua dalam hal ini harus bisa memastikan kebutuhan nutrisi untuk anaknya bisa terpenuhi secara maksimal. Salah satu penting yang harus dilakukan para orang tua supaya nanti tumbuh kembang anak bisa semakin optimal yaitu dengan memperhatikan cara stimulasi tumbuh kembang anak seperti apa.

Apa Saja Stimulasi untuk Pertumbuhan Anak Usia Sampai 3 Tahun?

Stimulasi sejak dini yang dilakukan secara rutin di setiap kesempatan nyatanya harus diberikan ke anak. Karena, penyimpangan tumbuh kembang anak, apalagi adanya gangguan menetap, bisa terjadi karena memang mereka kekurangan stimulasi.  Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk stimulasi pada anak yang tepat, yang mana nisa Anda sesuaikan dengan usia mereka, di antaranya:

1.    Usia 0-3 Bulan

Stimulasi yang harus Anda dilakukan di usia ini adalah dengan cara rajin atau rutin memeluk mereka secara lembut, menggendongnya, menatapnya, atau juga bisa mengajaknya tersenyum atau berbicara, mulai untuk menggerakan benda berwarna, dan melatih tangan mereka untuk mulai memegang.

2.    Usia 3-6 Bulan

Stimulasi ini bisa dilakukan cara mengajak bayi bermain cilukba, yang kemudian berkaca bersama di depan cermin lalu memperlihatkan wajahnya dan si, dan ibu, kemudian dengan mengajaknya untuk telungkup atau terlentang bolak-balik sampai bisa duduk.

3.    Usia 6-9 Bulan

Stimulasi yang satu ini bisa juga seperti mulai sering memanggil nama bayi, lalu kemudian mengajaknya bersalaman, bertepuk tangan  atau juga bisa dengan memancingnya untuk duduk, dan melatihnya berdiri sambil berpegangan.

4.    Usia 9-12 Bulan

Disini bisa dalam bentuk memperkenalkan nama ibu, ayah dan kakak secara berulang anak, juga bisa mulai melatihnya berdiri dan berjalan sambil berpegangan, sampai menuntunnya untuk memasukkan mainan ke dalam sebuah wadah, minum dari gelas, juga bisa menggelindingkan bola.

5.    Usia 12-18 Bulan

Stimulasi selanjutnya yaitu bisa dengan melatih bayi mencoret kertas menggunakan pensil warna, menyusun kubus dan puzzle, melepas celana, memberikan perintah sederhana, melatih menyebutkan namanya sendiri atau nama benda, juga bisa melatih mereka berjalan tanpa berpegangan.

6.    Usia 18 – 24 Bulan

Pada usia ini, stimulasi bisa dilakukan dengan cara memperkenalkan bayi pada fungsi bagian tubuhnya secara sederhana, lalu kemudian bisa menuntunnya menghafal nama binatang dan benda di sekitarnya, mengajarkan sebelum atau sehabis makan harus mencuci tangan, belajar untuk memakai baju secara mandiri, atau juga bisa mengajaknya melompat.

7.    Usia 2-3 Tahun

Cara stimulasi tumbuh kembang anak di usia ini bisa dilakukan dengan mulai memperkenalkan beragam warna, melatih mereka berbicara menggunakan kata sifat, menyebutkan atau menghafal nama teman, menghitung, sikat gigi, bermain kartu, menggambar, juga mulailah untuk membiasakan balita buang air besar maupun kecil di toilet.