Parenting

Khasiat Minyak Ikan Untuk Anak

Khasiat Minyak Ikan Untuk Anak

Khasiat minyak ikan untuk anak rupanya sangatlah banyak. Pasalnya suplemen berupa nutrisi tambahan tersebut bisa membantu menjaga kesehatan pada anak juga mendukung tahapan tumbuh kembangnya. Namun perlu dicatat pemberian suplemen tersebut untuk anak harus sesuai dan takarannya haruslah tepat.

Pemberian nutrisi minyak ikan kepada anak memiliki tujuan guna memenuhi kebutuhan berupa asam lemak omega-3 di dalam tubuh anak. Kandungan tersebut sangatlah penting supaya fungsi bermacam organ tubuh dalam anak bisa bekerja lebih optimal. Kandungan nutrisi yang berada pada minyak ikan tersebut juga mempunyai peran besar sebagai penunjang tahapan tumbuh kembang pada anak.

Kegunaan Minyak Ikan untuk Kesehatan dan Tumbuh Kembang pada Anak

Kandungan asam lemak omega-3 yang berada di minyak ikan bisa membantu tahap pembentukan bagian otak anak sejak dia masih berada dalam kandungan ibunya. Bukan itu saja, minyak ikan untuk anak-anak juga bermanfaat guna mendukung kemampuannya dalam berpikir dan belajar juga meningkatkan terhadap daya konsentrasi pada anak.

Bukan itu saja, omega-3 bagi anak diketahui pula mengurangi risiko anak terkena penyakit asam. Adapun keberadaan asam lemak omega-3 sendiri paling banyak terdapat dalam ikan. Bukan hanya pada ikan, sejumlah jenis makanan lain misalnya minyak zaitun, sayuran, telur serta susu terkandung pula omega-3 meskipun jumlahnya terbilang sedikit.

Sebenarnya asupan nutrisi omega-3 telah tercukupi kalau si Kecil mendapat makanan bergizi yang seimbang. Tetapi guna memastikan kebutuhan akan omega-3 terpenuhi, orang tua bisa memberikan tambahan berupa suplemen minyak ikan untuk buah hati mereka.

Memperhatikan kebutuhan serta takaran pemberian minyak ikan yang tepat

Supaya aman dikonsumsi, pemberian suplemen minyak ikan untuk anak-anak perlu orang tua berikan berdasarkan takaran maupun kebutuhan yang tepat menyesuaikan petunjuk pemakaian dalam kemasan produk berupa suplemen minyak ikan. Apabila masih merasa ragu, orang tua bisa melakukan konsultasi lebih dahulu bersama dokter spesialis anak sebelum memberikan suplemen minyak ikan tersebut untuk anaknya.

Secara umum, pemberian suplemen minyak ikan untuk si kecil terbilang aman. Tetapi sebaiknya minyak ikan tak diberikan apabila anak mempunyai keadaan tertentu misalnya gangguan pada pendarahan, mengkonsumsi obat pengencer darah ataupun mempunyai alergi terhadap minyak ikan maupun ikan laut itu sendiri.

Memberikan minyak ikan untuk si kecil

Ada baiknya orang tua tidak memaksa anak mereka untuk mengkonsumsi minyak ikan. Tunggu hingga mereka siap pasalnya kalau memaksa anak untuk meminum minyak ikan bisa membuat mereka tersedak sehingga supelemen tersebut masuk dalam paru-paru anak.

Dengan memperhatikan pemberian minyak ikan untuk buah hati orang tua bisa memaksimalkan proses tubuh kembang sang anak. Meskipun begitu perhatikan takaran pemberiannya sehingga tidak berlebihan dan justru membawa dampak buruk bagi anak.